Definisi penyakit gagal ginjal akut dan kronis

Apa yang dimaksud dengan gagal ginjal?

Definisi penyakit gagal ginjal akut dan kronisSeringkali kita mendengar istilah gagal ginjal baik melalui media,maupun di masyarakat sekitar kita.Sebenarnya apa sih definisi dari penyakit gagal ginjal tersebut? dan hal apa sajakah yang bisa memicunya?

Gagal ginjal yaitu satu situasi dimana ginjal tidak bisa melakukan tugasnya dengan normal. pada situasi normal, pertama-tama darah dapat masuk ke glomerulus serta alami penyaringan melewati pembuluh darah halus yang dinamakan kapiler. di glomerulus, zat-zat sisa metabolisme yang telah tidak terpakai serta sebagian yang tetap terpakai dan cairan akan melalui membran kapiler namun sel darah merah, protein serta zat-zat yang berukuran besar dapat terus tertahan didalam darah. filtrat ( hasil penyaringan ) dapat terkumpul dibagian ginjal yang dimaksud kapsula bowman. setelah itu, filtrat dapat diolah didalam tubulus ginjal. disini air serta zat-zat yang tetap bermanfaat yang terdapat didalam filtrat dapat diserap lagi serta dapat berlangsung peningkatan zat-zat sampah metabolisme lain ke dalam filtrat. hasil akhir dari sistem ini yaitu urin ( air seni ).

Ginjal ( renal ) yaitu organ tubuh yang mempunyai tugas utama untuk menyaring serta membuang zat-zat sisa metabolisme tubuh dari darah serta melindungi keseimbangan cairan dan elektrolit ( contohnya kalsium, natrium, serta kalium ) didalam darah. ginjal juga menghasilkan wujud aktif dari vit. d yang mengatur penyerapan kalsium serta fosfor dari makanan hingga menjadikan tulang kuat. disamping itu ginjal menghasilkan hormon eritropoietin yang merangsang sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah, dan renin yang berperan mengatur volume darah serta tekanan darah.

Gagal ginjal dibagi jadi dua tipe yaitu gagal ginjal akutPengobatan alternatif gagal ginjal kronis. Read more ... Ā» serta gagal ginjal kronik. pada gagal ginjal akut berlangsung penurunan fungsi ginjal dengan tiba-tiba dlm kurun waktu sekian hari atau sekian minggu serta ditandai dengan hasil kontrol fungsi ginjal ( ureum serta kreatinin darah ) serta kandungan urea nitrogen didalam darah yang meningkat. namun pada gagal ginjal Kronik, penurunan fungsi ginjal berlangsung dengan perlahan-lahan. sistem penurunan fungsi ginjal bisa berjalan terus sepanjang berbulan-bulan atau bertahun-tahun hingga ginjal tidak bisa berperan sama sekali ( end stage renal disease ).Untuk pengobatan gagal ginjal kronik maupun pengobatan untuk gagal ginjal akut,mestilah dipilih yang benar-benar cocok dan aman meskipun harus dikonsumsi dalam jangka panjang.

Gagal ginjal kronik dibagi jadi lima stadium menurut laju penyaringan ( filtrasi ) glomerulus ( glomerular filtration rate = gfr ) yang bisa dipandang pada tabel dibawah ini. gfr normal yaitu 90 – 120 ml/min/1. 73 m2.

Stadium GFR (ml/menit/1.73m2) Deskripsi
1 Lebih dari 90 Kerusakan minimal pada ginjal, filtrasi masih normal atau sedikit meningkat
2 60-89 Fungsi ginjal sedikit menurun
3 30-59 Penurunan fungsi ginjal yang sedang
4 15-29 Penurunan fungsi ginjal yang berat
5 Kurang dari 15 Gagal ginjal stadium akhir (End Stage Renal Disease) 

Post Navigation

5 Thoughts on “Apa yang dimaksud dengan gagal ginjal?

  1. Pingback: pligg.com

  2. Pingback: pligg.com

  3. Pingback: friendlane.com

  4. Pingback: pligg.com

  5. Pingback: www.tralot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>