tipes

Apakah Penyakit Tipes Bisa Kambuh

Bagi anda yang pernah terkena tipus,dan sekarang sudah sembuh mungkin ada sedikit pertanyaan,apakah penyakit tipes bisa kambuh lagi ? Seminggu yang lalu saya sakit dan oleh dokter saya dinyatakan terkena Tifus. Memang setahun yang lalu, saya pernah menderita penyakit yang sama dan harus menginap di Rumah Sakit selama beberapa hari. Saya menyangka penyakit tersebut tidak akan kambuh lagi. Ternyata tidak demikian,biarpun saya sudah bebas dari penyakit tipus. Oleh karena itu maka saya mencari tahu mengenai penyakit Tifus bisa kambuh dan penyebabnya.

Menurut beberapa literatur yang saya baca, Tifus atau yang oleh orang bule disebut Typhoid fever (demam typhoid) merupakan penyakit pada saluran pencernaan, biasanya lebih sering diderita anak-anak dan pada beberapa kasus menyerang orang dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica serovar Typhi. Organisme ini adalah bakteri berbentuk basil pendek, Gram-negatif yang bergerak dengan flagela peritrichous (diseluruh permukaan). Bakteri ini tumbuh dengan baik pada suhu 37oC/ 99oF – suhu tubuh manusia. Bakteri ini tersebar luas, ditransmisikan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi oleh feses orang yang telah terinfeksi.

Bakteri tersebut akan melubangi dan masuk ke dinding usus dan oleh makrophages akan diphagosit. Salmonella Thyphi kemudian akan mengubah strukturnya menjadi tahan terhadap pengrusakan dan hal ini membuat mereka tetap bertahan terhadap makrophage. Hal ini memungkinkan mereka tahan terhadap polymorphonuclear leukocytes (PMN), dan respon imun. Organisme ini kemudian menyebar melalui limfa ketika berada di dalam macrophages.

Ini memberi mereka akses ke sistem retikuliendothelial (RES) yang merupakan bagian dari sistem imun dan kemudian ke organ yang berbeda di seluruh tubuh. Kemampuan unik dari organisme (maksudnya Salmonella Thyphi) inilah yang menyebabkan orang yang pernah menderita Tifus seperti saya, suatu saat penyakit ini akan kembali muncul. Penyakit ini akan kambuh kembali apabila daya tahan tubuh si penderita tidak optimal, seperti pada kondisi kelelahan, kurang tidur, asupan makanan tidak teratur dan sembarangan, dan lain-lain. Gejala-gejala yang kerap terjadi antara lain seperti nyeri pada perut, mual, muntah, demam tinggi hingga 40oC, sakit kepala dan diare yang kadang-kadang bercampur darah”.Jadi kalo anda bertanya apakah penyakit tipes bisa kambuh lagi,jawabannya bisa saja,bila infeksi bakteri tsb berulang.

Tipes mempunyai gejala antara lain:  

  • Demam yang meningkat, sementara penderita merasa dingin.  
  • Tidak ada nafsu makan  
  • Sakit kepala, batuk  
  • Sukar buang air besar  
  • Mengigau  
  • Sangat lemah dan berat badan menurun  
  • Perut bengkak dan sakit  

Penderita tipus dapat mengalami komplikasi perdarahan pada usus halus dan usus halus berlubang, infeksi paru, infeksi empedu. Malangnya pula penyakit ini dapat kambuh lagi.Namun sekarang banyak Cara mengobati penyakit tipes yang bisa kita lakukan.salasatunya adalah dengan mengonsumsi ekstrak teripang.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>