Ciri-ciri penyakit batu empedu

Batu empedu merupakan suatu bentuk padatan yang terdapat di dalam kantung ataupun saluran empedu sehingga menghalangi perjalanan empedu menuju usus. Kondisi demikian akan menimbulkan rasa nyeri dan mual. Dalam hal ini, batu empedu dapat dihilangkan dengan beberapa cara. misalnya, dengan cara pemberian obat yang mengandung asam dan garam empedu; ditembak dengan sinar laser; dan diangkat bersama kantong empedunya.

Ciri-ciri penyakit batu empeduJual obat batu empedu. Read more ... »

Pada awalnya batu empedu tidak memiliki gejala hingga batu sampai pada ukuran tertentu. Gejala batu empedu yang timbul disebut dengan serangan batu empedu. Ciri serangan batu empedu adalah rasa sakit yang dialami oleh penderita di area perut atas. Rasa sakit ini terus meningkat selama setengah jam hingga beberapa jam. Penderita  merasakan sakit pada tubuh bagian belakang, umumnya di sekitar tulang belikat, di bawah bahu sebelah kanan. Serangan yang sangat menyakitkan dan tajam juga sering terjadi beberapa jam sesudah makan. Terlebih jika makanan tersebut mengandung lemak tinggi. Gejala ini umumnya terjadi pada malam hari.

Gejala batu empedu lainnya adalah perut kembung, tidak dapat memakan makanan berlemak, bersendawa, gas usus, jaundice atau kulit kuning serta gangguan pada pencernaan. Ada pula gejala menyerupai flu, seperti berkeringat dingin, menggigil, serta demam mungkin saja terjadi disertai dengan nyeri di perut. Rasa nyeri ini berkembang di area bawah perut, di dekat panggul. Namun gejala ini tidak umum terjadi. Selain itu, mual dan muntah juga bisa terjadi pada penderita.

Berbeda dengan apa yang telah disebutkan di atas, ada juga yang tidak memiliki gejala seperti diatas. Batu empedu ini disebut dengan ‘batu diam’. Batu empedu jenis ini tidak berpengaruh pada kantung empedu maupun organ internal yang lain. Jenis ini tidak membutuhkan pengobatan. Gejala batu empedu seperti rasa sakit di bagian perut, punggung, serat dada bagian bawah sebenarnya disebabkan oleh batu empedu yang bergerak menuju kelenjar empedu. Batu ini kemudian menyumbat serta menimbulkan tekanan terhadap kantong empedu. pencegahan penyakit batu empedu klick di sini

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>