manfaat terung bagi kesehatan

Manfaat terung bagi kesehatan

Lebih dari 4000 tahun yang lalu terung pertama kali ditanam.Sayur ini diyakini berasal dari India.Pada abad ke-18,Perancis dan Italia menanam terung dan menamakannya aubergine. Terung termasuk suku terung-terungan,seperti tomat,cabai,dan kentang. Walaupun dijual sebagai sayuran,secara botani terung termasuk buah.Ada banyak varietas terung,mulai dari bentuknya yang panjang,pendek besar seperti buah pir,atau bulat.Warna kulit luarnya juga bervariasi dari ungu tua mengkilap,putih,putih bertoreh hijau,sampai hijau kekuningan. DAgingnya berwarna krem,bertekstur seperti spon. Bijinya kecil-kecil,tersusun seperti kerucut.Panjang terung bervariasi antara 5-25 cm.

Kandungan Nutrisi dan zat berkhasiat

Terung merupakan sumber serat,mengandung 2,5 gr serat per 100 gr. Terung juga merupakan sumber niasin,asam folat,vitamin (A,C,B1,B6), dan mineral (Kalium,kalsium,tembaga,mafnesium,mangan,fosfor). Kulit terung yang berwarna ungu tua mengandung flavonoid antosianin bernama nasunin yang berkhasiat antioksidan kuat untuk menangkap radikal bebas. Dengan demikian,nasunin akan melindungi membran sel dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.Terung ungu juga mengandung senyawa fitokimia lain seperti solanin,trigonelline,stachydrine,dan shisonin.

Khasiat utama

Terung ungu berkhasiat antioksidan,menghentikan perdarahan (seperti buang air besar berdarah),menurunkan kadar kolesterol,membuang kelebihan zat besi pada orang yang sering menerima transfusi darah (seperti pada penderita talasemia,hemofilia),panas tinggi,sakit kulit,mencegah penyakit jantung koroner,dan kanker.

Daun terung bermanfaat untuk pengobatan kencing yang sakit disertai darah,disentri disertai tinja berdarah,bisul,dan frostbite (rasa nyeri akibat kedinginan).

Cara pemakaian

Terung ungu dimakan mentah bersama kulitnya,bisa juga dikukus,disayur,atau dibuat jus.

Catatan penting

  • Penelitian pada binatang,ditemukan bahwa nasunin dapat melindungi lapisan lemak pada membran sel otak
  • Nasunin juga membantu membuang kelebihan zat besi dari dalam tubuh. Meskipun zat besi penting untuk transportasi oksigen,fungsi kekebalan tubuh,dan sintesisi kolagen,tetapi zat besi yang berlebihan akan meningkatkan produksi radikal bebas dan ini berhubungan dengan bertambahnya risiko penyakit jantung dan kanker.
  • Terpenes pada terung ungu juga menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi. Kelinci dengan kolesterol tinggi yang diberi jus terung ungu mengalami penurunan kolesterol di darah,di dinding arteri,dan di aorta secara signifikan. Terung ungu juga merelaksasi dinding pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat.
  • Herbalis di India menggunakan terung varietas putih untuk pengobatan diabetes mellitus dan sebagai peluruh kentut (karminatif).
  • Kamasutra menggambarkan terung ungu sebagai ramuan untuk membesarkan alat vital laki-laki,tetapi hal ini belum terbukti.

Perhatian penting

  • Terung termasuk suku solanaceae yang sebagian orang takut mengonsumsinya karena menimbulkan gejala rematik.Walaupun belum ada penelitiannya,sebaiknya penderita reumatik tidak mengonsumsinya.
  • Terung juga mengandung sejumlah oksalat.Penderita batu ginjal akibat endapan oksalat,jangan mengonsumsi terung ungu.
  • Hindari mengonsumsi terung bila rasanya pahit.Racunnya akan mengiritasi membran mukosa (selaput lendir). Racun ini bisa menyebabkan diare,mual,dan muntah.Sebaiknya,terung dimasak sebelum dimakan karena kandungan racunnya sensitif terhadap pemanasan.
  • Untuk mencegah perubahan warna pada daging buah terung yang telah dibelah karena kontak dengan udara,sebaiknya terung dibiarkan utuh sebelum dimasak.
  • Gunakan pisau stainless steel untuk memotong terung karena pisau terbuat dari besi yang mengandung karbon akan menghitamkan daging terung.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>