pola makanan untuk penderita gagal ginjal

Menu makanan untuk diet bagi penderita gagal ginjal

pola makanan untuk penderita gagal ginjalSetiap penyakit kronis pasti ada pantangan makanan yang harus dihindarinya.Hal ini bertujuan untuk membantu proses penyembuhan dan tidak memperparah penyakit. Begitu pila dengan pasien penderita gagal ginjal,baik akut maupun kronik.

Ketika anda menderita gagal ginjal kronik, anda butuh merubah pola makan anda. pengaturan diet ini mempunyai tujuan untuk melindungi kesimbangan elektrolit, mineral, serta cairan pada pasien gagal ginjal, dan membatasi jumlah zat sisa metabolisme yang tertimbun didalam tubuhnya. pengaturan diet ini mesti sesuai dengan tingkat keparahan gangguan fungsi ginjal seorang pasien, hingga mesti ditanyakan lagi dengan dokter yang menjaga pasien gagal ginjal tersebut. Secara global, yang perlu di perhatikan yaitu :

  • Pengurangan asupan garam. batasi mengonsumsi garam hingga 4-6 gram per hari untuk menghindari timbunan cairan didalam tubuh serta menolong mengontrol tekanan darah anda.
  • Pembatasan mengonsumsi protein. amatlah mutlak untuk memperoleh jumlah protein yang pas dikarenakan protein dibutuhkan untuk membentuk otot, melakukan perbaikan jaringan yang rusak serta melawan infeksi. konsumsi protein yang cocok dapat menjadikan tubuh memperoleh protein yang cukup tanpa membuahkan urea ( hasil metabolisme protein ) terlalu berlebih serta memperberat kerja ginjal. protein hewani datang dari telur, ikan, daging, keju, serta susu. protein nabati datang dari kacang-kacangan serta biji-bijian.
  • Batasi konsumsi kalium dikarenakan ginjal yang telah rusak tidak bisa membuangnya dari dalam tubuh. kalium yang tinggi dapat mengakibatkan irama jantung yang tidak normal serta¬† bisa mengakibatkan kematian. beberapa makanan dengan kandungan kalium yang tinggi yaitu pisang, jeruk, alpukat, kiwi, kismis, kacang-kacangan, kentang, asparagus, tomat, serta labu. Pilih saja peach, pear, cherry, apel, strawberry, nanas, serta semangka, brokoli, kol, wortel, bunga kol, seledri, ketimun, terong, selada, bawang.
  • Batasi konsumsi cairan. pada stadium awal, barangkali anda tak perlu membatasi konsumsi cairan. tetapi, waktu fungsi ginjal memburuk serta pasien melakukan dialisis ( cuci darah ), pasien dapat memproduksi urin dg jumlah amat sedikit atau bahkan tidak kencing sama sekali. perihal ini dapat mengakibatkan timbunan cairan didalam tubuh hingga mengakibatkan timbunan cairan di jantung, paru serta tungkai. yang tergolongcairan yaitu air minum, kuah sayuran, kuah sup, jeli dan seterusnya.
  • Batasi konsumsi fosfor untuk melindungi kesehatan tulang. berlebihan fosfor didalam darah dapat mengakibatkan kalsium menyusut hingga tulang jadi rapuh. Beberapa makanan yang tinggi fosfor yaitu telur, susu, yoghurt, keju, biji-bijian, serta minuman bersoda. anda barangkali dapat membutuhkan kalsium tambahan serta vit. d untuk melindungi keseimbangan kalsium serta fosfor didalam tubuh anda.

Demikianlah pola makan yang harus diterapkan dan dihindari sebagai diet bagi penderita gagal ginjal untuk membantu mempercepat proses penyembuhan gagal ginjal selama menjalani pengobatan atau terapi gagal ginjal,atau juga untuk tidak memperparah derita pasien gagal ginjal.Semoga bermanfaat

Post Navigation

2 Thoughts on “Menu makanan untuk diet bagi penderita gagal ginjal

  1. Pingback: pligg.com

  2. Pingback: hillera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>