gejala

Penyakit jantung dan gejalanya

Penyakit jantung dan Gejalanya. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang terbukti diderita oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahkan tak sedikit dari mereka yang pada akhirnya meninggal dunia karena penyakit ini. Penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup. Faktor-faktor penyebab penyakit jantung ialah kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat.

Serangan jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian otot jantung akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme – mengencangnya nadi koroner – atau akibat penggumpalan darah. Bagian otot jantung yang biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera setelah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi secara betul-betul normal lagi. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung termaksud mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen.

Kenali gejalanya

Gejala serangan jantung yang paling umum adalah nyeri pada dada atau angina. Nyeri ini umumnya berlokasi di tengah atau bagian kiri dada yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang kemudian muncul kembali. Rasa nyeri ini dapat berupa rasa ditekan, sesak, atau rasa sakit yang parah, dan terkadang mirip nyeri ketika Anda mengalami sakit maag.

Ada beberapa gejala yang lebih spesifik, antara lain:

- Nyeri. Jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang yang mengalami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia).

- Sesak napas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).

- Kelelahan atau kepenatan. Jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, penderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan.

- Palpitasi (jantung berdebar-debar)

- Pusing & pingsan. Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

Faktanya, tanda-tanda serangan jantung tidak sama bagi semua orang. Banyak serangan jantung yang diawali dengan nyeri ringan, sementara beberapa orang lain tidak mengalami gejala sama sekali. Serangan jantung yang terjadi dengan gejala yang sangat ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali disebut silent heart attack. Bahkan, jika Anda pernah mengalami serangan jantung, gejala serangan jantung kedua mungkin berbeda dengan yang pertama, akan tetapi ada pula kemungkinan gejala yang sama. Perhatikan bahwa, semakin banyak gejala yang Anda alami, maka semakin besar kemungkinan Anda benar-benar mengalami serangan jantung.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor 1 pada orang dewasa di dunia. maka dari itu segera tangani penyakit jantung dari sekarang dengan obat sakit jantung yang alami karena obat ini bisa mencegah terjadinya penyakit jantung bertambah parah dan mengobati dengan baik.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>