indung telur ovarium

Penyakit Kista Indung Telur Ovarian Cysts

Pengertian Kista

Kista adalah tumor jinak di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Berdasarkan tingkat keganasannya, kista terbagi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sementara kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.(Penyakit Kista Indung Telur Ovarian Cysts)

Selain pada ovarium kista juga dapat tumbuh di vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, duktus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva,antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal. Kista memang tumor yang jinak, namun 20-30% kista dapat berpotensi menjadi ganas. Keadaan itu ditandai dengan terjadinya pembesaran tumor dalam waktu singkat sehingga
memicu tumbuhnya kanker.

Penyebab – penyebab Kista-Kista Indung Telur (Ovarian Cysts)
Ovarian cysts (kista-kista indung telur) terbentuk untuk banyak sebab-sebab. Tipe yang  paling umum adalah suatu follicular cyst, yang berakibat dari pertumbuhan suatu follicle. Suatu follicle adalah kantong yang normal diisi cairan yang mengandung sebuah telur. Follicular cysts terbentuk ketika follicle tumbuh lebih besar dari normal sewaktu siklus menstrual dan tidak membuka untuk melepaskan telur. Biasanya, follicular cysts hilang (pecah) secara spontan melalui perjalanan waktu dari berhari-hari sampai berbulan-bulan. Cysts (kista-kista) dapat mengandung darah (hemorrhagic cysts) dari luka atau kebocoran dari pembuluh-pembuluh darah kecil kedalam kantong telur.

Tipe yang lain dari ovarian cyst yang dihubungkan dengan siklus menstrual adalah suatu corpus luteum cyst. Corpus luteum adalah suatu area dari jaringan didalam ovary (indung telur) yang terjadi setelah sebuah telur telah dilepaskan dari sebuah follicle. Jika suatu kehamilan tidak terjadi, corpus luteum biasanya pecah dan menghilang. Ia mungkin, bagaimanapun, mengisi dengan cairan atau darah dan menetap pada ovary. Biasanya, kista (cyst) ini ditemukan hanya pada satu sisi dan tidak menghasilkan gejala-gejala.Penyakit KistaPengobatan alternatif kista. Read more ... » Indung Telur Ovarian Cysts 

Adakalanya, jaringan-jaringan dari ovary berkembang secara abnormal untuk membentuk
jaringan-jaringan tubuh lain seperti rambut atau gigi-gigi. Cysts (kista-kista) dengan jaringan- jaringan abnormal ini disebut benign cystic teratomas atau dermoid cysts.
Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang secara normal tumbuh didalam
kandungan (womb), malahan tumbuh diluar kandungan (uterus). Ketika endometriosis
melibatkan ovary, area dari jaringan endometrial mungkin tumbuh dan berdarah melaui waktu, membentuk suatu area kista yang berwarna coklat adakalanya dirujuk sebagai suatu chocolate cyst atau endometrioma.
Keduanya tumor-tumor yang jinak dan ganas dari ovary mungkin juga mengandung
kista-kista (cysts). Lebih jauh, kondisi yang dikenal sebagai polycystic ovarian syndrome
dikarakteristikan oleh kehadiran dari banyaknya kista-kista didalam kedua indung telur (ovaries).

Gejala-gejala Kista
Kista dapat memberikan berbagai keluhan seperti nyeri sewaktu haid, nyeri perut bagian
bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Untuk jenis kista folikel, biasanya tidak memberikan rasa nyeri. Sehingga kebanyakan penderita tidak menyadarinya. Namun, jika kista pecah, misalnya saat berhubungan seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.

Pengobatan Kista
Pengobatan untuk kista tergantung pada penyebab kista beserta lokasi. Kista yang sangat besar dan menyebabkan gejala karena ukuran mereka mungkin pembedahan. Kadang-kadang fluida yang terkandung di dalam kista bisa dikeringkan, atau disedot, dengan menyisipkan jarum atau kateter ke dalam rongga kista, yang mengakibatkan runtuhnya kista. Radiologic imaging dapat digunakan untuk pedoman dalam pengeringan (aspirating) isi kista bila kista tidak mudah diakses.
Bedah penghapusan dari kista kadang-kadang diperlukan. Jika ada kecurigaan bahwa
kista adalah kanker, kista biasanya dihilangkan dengan pembedahan atau biopsi diambil dari dinding kista (kapsul) untuk menyingkirkan keganasan. Dalam kasus tertentu disedot cairan, dari kista adalah diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan apakah sel-sel kanker yang hadir dalam kista. Jika kista muncul sebagai bagian dari suatu kondisi medis yang kronis (misalnya, dalam sindrom ovarium polikistik atau penyakit payudara fibrokistik), pengobatan umumnya diarahkan .

Pencegahan Kista

Kista dapat dicegah dengan menjalani pola hidup yang sehat, seperti pola makan yang baik dan berolahraga secara teratur.Ada cara lain untuk mencegah penyakit kista atau pertumbuhannya, yaitu dengan menggunakan pil kontrasepsi ( pil kb ). Kandungan hormon dalam pil kb dapat menghambat proses ovilasi. Dengan demikian, mampu menurunkan risiko tumbuhnya kembali kista. Saran untuk penderita Kista Sebaiknya penderita kista tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang meliputi di bawah ini :

– santan, alpukat, kuning telur
– seafood
– fastfood
– gorengan (bila menggoreng lebih baik menggunakan olive oil/minyak zaitun)
– susu sapi (ganti dg susu diet, misalnya WRP)
– jeroan
– makanan2 manis, termasuk buah – buahan, misalnya kelengkeng, rambutan, mangga

Cara mengobati penyakit kistaCiri-ciri penyakit kista pada wanita. Read more ... »: dengan obat alami yang sudah teruji kasiat dalam menyembuhkan penyakit. marilah jaga kesehatan karena mencegah lebih murah dari mengobati semoga bermanfaat bagi kita bersama.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>