aliran hidung ke penyakit sinusitis

Penyakit sinusitis dan gejalanya

Penyakit sinusitis dan gejalanya ialah? sinus atau biasa juga disebut sebagai sinusitis adalah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan rongga hidung bagian atas. Penyakit sinus disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu aliran udara ke dalam rongga hidung ataupun keluarnya lendir/muskus dari hidung. Contoh penyebab penyakit sinus ini adalah: kurangnya kelembaban udara, mengerasnya ingus yang keluar dari hidung, atau bisa juga diakibatkan oleh pemakaian obat antihistamin. Lendir atau mungus yang tidak bisa keluar pada akhirnya akan terkumpul dan menjadi lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri sehingga bisa menimbulkan peradangan.

Sinus

  • Sinus atau sering pula disebut dengan sinus paranasalis adalah rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang kiri dan kanan.
  • Sinus frontalis terletak di bagian dahi, sedangkan sinus maksilaris terletak di belakang pipi. Sementara itu, sinus sphenoid dan sinus ethmoid terletak agak lebih dalam di belakang rongga mata dan di belakang sinus maksilaris.
  • Dinding sinus terutama dibentuk oleh sel sel penghasil cairan mukus. Udara masuk ke dalam sinus melalui sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara rongga sinus dengan rongga hidung yang disebut dengan ostia. Jika oleh karena suatu sebab lubang ini buntu maka udara tidak akan bisa keluar masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa dikeluarkan.

Penyebab

  • Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus.
  • Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus.
  • Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur.
kita pun harus tau penyakit sinusitis dan gejalanya. sinutitis bisa di sembuhkan dengna cara mengobati sinusitis dengan cara alami.
 GEJALA PENYAKIT SINUS
  • Merasakan sakit kepala yang hebat dan sering
  • Pada bagian wajah terasa lebih sakit dari keadaan biasanya
  • Keluar ingus warna bening dari dalam hidung
  • Mengalami rasa sesak pada bagian rongga hidung
  • Sering mengalami batuk yang tidak berkesudahan
  • Tenggorokan terasa panas dan sakit

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit sinus adalah dengan cara menghindari pencetus dari sinus itu sendiri. Beberapa orang percaya bahwa dengan meinum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat bisa mencegah terjadinya penyakit sinus. Air perasan jeruk nipis bisa membantu mengencerkan serta mengeluarkan lendir sehingga hidung tidak mampet. Selain itu, kita juga bisa menghindari ruangan yang lembab. Kamar/ruangan kita harus mendapat sinar matahari dengan cukup sehingga tidak lembab dan berjamur. Bila kita tidak tahan dengan hawa dingin sehingga selalu bersin-bersin, maka kita juga harus menghindari penggunaan ac ataupun bisa juga kita tidak keluar rumah selama matahari belum muncul. Dengan menghindari pencetus penyakit sinus, kita pasti akan terhindar dari penyakit sinus ini. maka dari tu cara yang ampuh untuk mengobati penyakit sinusitis dengan cara alami.

 

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>